kaprodi desain komunikasi visual
Banung Grahita, S.Ds., M.Ds., Ph.D
Mengikuti pendidikan pada Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) FSRD ITB tidak hanya memberikan mahasiswa pengalaman pendidikan bertaraf internasional, tetapi juga menyiapkan mahasiswa untuk siap menghadapi tantangan di era modern dan menciptakan peluang model bisnis baru di berbagai industri. Program ini mendukung mahasiswa untuk berpikir kreatif dan kritis, adaptif dan melek terhadap teknologi digital serta kewirausahaan. Hal ini akan mendorong mahasiswa untuk terus berinovasi dan menciptakan peluang model bisnis baru dan kehidupan masyarakat.

Jalur Peminatan
Program Studi DKV menyediakan empat jalur peminatan yang merentang dari bidang dua dimensi, cetak, hingga media baru di antaranya:

Desain Grafis
Jalur peminatan ini memiliki fokus mempelajari bidang komik, ilustrasi, sistem tanda, tipografi, desain huruf dan logo, poster, desain buku, buku ilustrasi anak, dan konsep seni.

Komunikasi Visual Periklanan
Jalur peminatan ini memiliki fokus dalam bidang kampanye sosial dan komersial, TV komersial, print ad, ambient ad, periklanan digital, dan periklanan media sosial

Komunikasi Visual Multimedia
Jalur peminatan ini memiliki fokus pada game design, projection mapping, animasi, virtual reality, augmented reality, video/film, web design (UI/UX), mobile application, dan motion graphic

Narasi Visual Digital
Jalur peminatan ini berfokus pada design for moving image, animation, internet, computer games and cross media, creative digital content, motion comic, digital game, film & animasi.
Struktur Kurikulum
Overview Kurikulum
Seluruh mahasiswa akan menjalani pendidikan pada program tahap persiapan bersama (TPB). Mahasiswa akan dikenalkan dengan berbagai subjek mata kuliah dasar. Selama periode ini mahasiswa tercatat sebagai mahasiswa fakultas/sekolah. Pada akhir tahun pertama, mahasiswa akan memilih program studi atas dasar minat dan prestasi akademik mahasiswa.
Mahasiswa sudah masuk ke program studi yang dipilih. Di tahun kedua seluruh mahasiswa akan melakukan eksplorasi akademik melalui subjek-subjek mata kuliah yang ditawarkan program studi.
Mahasiswa akan mulai melakukan konseptualisasi dan spesialisasi keilmuan.
Mahasiswa mulai melakukan proyek tugas akhir sebagai salah satu persyaratan pemerolehan gelar sarjana.
Course Semester
Mata Kuliah | SKS |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mata Kuliah | SKS |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mata Kuliah | SKS |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mata Kuliah | SKS |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mata Kuliah | SKS |
|
|
|
|
|
|
|
|
Wajib Untuk Jalur Desain Grafis | |
|
|
|
|
|
|
Wajib Untuk Jalur Komunikasi Visual Multimedia | |
|
|
|
|
|
|
Wajib Untuk Jalur Komunikasi Visual Periklanan |
|
|
|
|
|
|
|
Mata Kuliah | SKS |
Wajib Untuk Jalur Desain Grafis | |
|
|
|
|
|
|
Wajib Untuk Jalur Komunikasi Visual Multimedia | |
|
|
|
|
|
|
Wajib Untuk Jalur Komunikasi Visual Periklanan | |
|
|
|
|
|
|
Mata Kuliah | SKS |
|
|
|
|
Wajib Untuk Jalur Desain Grafis | |
|
|
|
|
Wajib Untuk Jalur Komunikasi Visual Multimedia | |
|
|
|
|
Wajib Untuk Jalur Komunikasi Visual Periklanan | |
|
|
|
|
Mata Kuliah | SKS |
|
|
|
|
Karier
Keterampilan yang diperoleh selama masa studi akan mengasah mahasiswa menapaki karier dalam berbagai bidang baik dalam industri, perdagangan, periklanan, komunitas, maupun masyarakat dan pemerintahan seperti:
- Art director
- Animation designer
- Concept artist
- UI Designer
- Visual storyteller
- VR Designer
- Digital Illustrator
- Game artist
- Game designer
- simulaton developer
- story development artist
- Animator director