Fasilitas

FSRD

Dalam menjalankan kegiatannya Fakutas Seni Rupa dan Desain ITB memiliki fasilitas Gedung sebagai berikut :

Kantor Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB berada di Gerbang Utama sebelah kanan Pos Satpam, merupakan tempat kegiatan Dekanat dan staf Pegawai Administrasi yakni Kabag TU, Kasubag Keuangan, Kasubag Kepegawaian, Kasubag Sarana dan Prasarana, Kasubag Akademik serta Kasubag Perencanaan dan Sistem Informasi.
denahgedung.jpg


Sedangkan tempat untuk Kaprodi, Sekprodi, Ketua KK, ruang dosen, ruang rapat, ruang perkuliahan baik teori, praktika, seminar, presentasi, sidang, workhop, pameran serta kegiatan lainnya terletak di Gedung Seni Rupa dan Desain yang terletak berdampingan dengan Gedung Aula Timur ITB.


GEDUNGLANTAI
GEDUNG
A
GEDUNG
B
GEDUNG
C
GEDUNG
D
GEDUNG
E
LT. BASEMENT - - - Seni Patung: 300m2
Workshop:50m2
R. TA : 50 m2
Workshop:300 m2
LT. DASAR Kria Tekstil :300m2
Koridor T/Ker:100m2
R. Cetak : 150 M2
R.Kuliah S2 : 125 m2
R.Dosen : 50 m2
R. Ketua Pro. : 25m2
R. Kel. Teori : 18m2
Koridor : 18m2
G.Soemardja : 370 m2 Prodi SR :99 m2
Akd Fak.: 107m2
Seni Ker.:246m2
R.Tungku:50 m2
LANTAI SATU Des.Produk:420 m2
TA Produk : 32 m2
R. Kuliah : 330 m2
R. S3 : 137 m2
R.Seminar:420m2 Seni Grafis:246 m2
R. KK : 28 m2
Seni Lukis: 256m2
LANTAI DUA Des.Kom.Vis.: 340 m2 R.Perpustakaan : 186 m2
R.Ketua KK : 75 M2
- - -
LANTAI TIGA Des. Interior : 450 m2 - - - -

Perpustakaan

Perpustakaan Seni Rupa memiliki luas 186 M2 terletak di lantai II Gedung Seni Rupa dan Desain tempat mengumpulkan, menyimpan dan memelihara koleksi pustaka yang dikelola dan diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan secara berkesinambungan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.

Galeri Soemardja

Galeri ini memiliki luas 370M2 yang terletak di lantai dasar Gedung Seni Rupa, penggunaannya diperuntukan untuk kegiatan Workshop, memamerkan karya-karya mahasiswa, baik karya Studio maupun karya tugas akhir serta tempat pameran baik tingkat Nasional maupun Internasional, selain untuk kegiatan tersebut jika tidak ada kegiatan Workshop dan Pameran maka dipergunakan untuk kegiatan kuliah umum, seminar, sidang tugas akhir dan lain-lain.

Ruang Seminar

Gedung ini memiliki luas 420M2 terletak di lantai 2 Gedung Seni Rupa dan Desain diperuntukan untuk kegiatan Seminar serta perkuliahan teori yang jumlah pesertanya di atas 50 orang.

Studio Seni Lukis

Studio Seni Lukis memiliki luas 256M2 terletak di lantai II dan II Gedung Seni Rupa dan Desain, berkapasitas 25 orang mahasiswa dalam melaksanakan konsultasi baik teori maupun praktikum dilengkapi peralatan Komputer serta peralatan manual penunjang lainnya.

Studio Seni Grafis

Studio Seni Grafis terletak di lantai II Gedung Seni Rupa dan Desain memiliki luas 246M2, terdapat ruang untuk Tugas Akhir, Ruang Teknisi, Ruang Asam, Ruang Gelap, Ruang Lithografi serta Ruang Mesin. Dalam melaksanakan kegiatannya dapat menampung 30 orang mahasiswa, diperuntuk untuk kegiatan konsultasi baik teori maupun praktika serta menyimpan bahan-bahan untuk praktikum.

Studio Seni Patung

Studio Seni Patung terletak di Lantai Dasar Gedung Seni Rupa dan Desain memiliki luas 300M2, terdiri atas Ruang Staf Pengajar, Ruang Praktikum/Kuliah, Ruang Gudang, Ruang Teknisi, Ruang Tugas Akhir dan Ruang Workshop, fungsi yang utama merupakan tempat dimana mahasiswa melaksanakan konsultasi/perkuliahan baik teori maupun praktikum serta menyimpan bahan-bahan untuk praktikum.

Studio Seni Keramik

Studio Seni Keramik memiliki luas 246M2 terletak di lantai Dasar Gedung Seni Rupa dan Desain, terdapat Ruang Staf Pengajar, Ruang Praktikum, Ruang Pembakaran, Ruang Gudang, Ruang Tugas Akhir, tempat mahasiswa melaksanakan konsultasi/perkuliahan baik teori maupun praktikum serta menyimpan bahan-bahan untuk praktikum.

Studio Desain Komunikasi Visual

Studio ini memiliki luas 270M² terdapat Lab Multimedia dan Lab Fotografi yang dilengkapi dengan beberapa peralatan, seperti : Komputer Desain serta perangkatnya, Fotografi, Meja Gambar , Alat-alat manual penunjang lainnya.
Studio ini terletak di lantai 3 Gedung Fakultas Seni Rupa dan Desain, dipergunakan untuk penelitian mahasiswa dalam Kuliah Kerja Studio dan Proyek Akhir atau tesis melalui pendekatan eksperimental.

Studio Desain Produk

Studio ini memiliki luas 270M² yang dilengkapi dengan  beberapa peralatan, seperti : Meja Gambar , Area untuk Pembuatan Model 3 dimensi, Alat-alat manual penunjang lainnya. Studio ini terletak terletak di lantai 3 Gedung Seni Rupa dan Desain, dipergunakan untuk penelitian mahasiswa dalam Kuliah Kerja Studio dan Proyek Akhir atau tesis melalui pendekatan eksperimental.

Studio Desain Interior

Studio ini memiliki luas 270 M² yang dilengkapi dengan beberapa peralatan, seperti : Komputer Desain serta perangkatnya, Meja Gambar, Alat-alat manual penunjang lainnya. Studio ini terletak terletak di lantai 3 Gedung Seni Rupa dan Desain, dipergunakan untuk penelitian mahasiswa dalam Kuliah Kerja Studio dan Proyek Akhir atau tesis melalui pendekatan eksperimental.

Studio Kriya Tekstil

Studio ini memiliki luas 270M² yang dilengkapi dengan beberapa peralatan, seperti : Komputer Desain serta perangkatnya, Meja Gambar , Mesin Tenun Manual, Alat-alat manual penunjang lainnya, dipergunakan untuk penelitian mahasiswa dalam Kuliah Kerja Studio dan Proyek Akhir atau tesis melalui pendekatan eksperimental.

Workshop/ Bengkel Kerja

Workshop memiliki luas 200M² yang dilengkapi dengan beberapa peralatan, seperti : Mesin Pemotong, Mesin Bubut, Las Listrik, Mesin Bending, Mesin Pemotong dan lain sebagainya.
Workshop berada di ground floor, bersebrangan dengan studio patung. Akses menuju area ini mudah, karena tersedia loading dock yang memadai untuk kendaraan pengangkut barang.

Sosioteknologi

Sosioteknologi atau MKU terletak di Labtek VII lantai 1 dengan luas, merupakan unit layanan mata kuliah dasar umum untuk seluruh mahasiswa ITB, ruangan yang tersedianya : ruang perkuliahan, ruang dosen dan staf pegawai, ruang kelompok keahlian, ruang rapat, ruang jurnal, perpustakaan, dapur dan gudang.

TPB FSRD

Gedung untuk Tingkat Pertama Bersama (TPB) FSRD memiliki luas merupakan tempat perkuliahan mahasiswa tahun pertama FSRD, terbagi atas beberapa tempat kegiatan yaitu ruang perkuliahan dan praktikum, ruang komputer, ruang koordinator TPB, ruang dosen, ruang staf administrasi, ruang tamu, mushola, dapur serta toilet.

Perpustakaan

Kategori Jumlah Judul Jumlah Eksemplar (jumlah copy)
Buku 7915 9765
Majalah 92 394
Skripsi 630 630
Tugas Akhir 1538 1538
Tesis 422 422
Desertasi 29 29
Buku Referensi 621 621
Laporan Penelitian 15 15
Jurnal 10 60