KK Seni Rupa

Kelompok Keahlian Seni Rupa (Visual Arts) adalah kelompok keahlian yang melingkupi wilayah keilmuan dan keahlian kesenimanan dan estetika terapan dalam konteks seni rupa. Wilayah tersebut secara spesifik meliputi keahlian yang dibagi dalam sub KK, yaitu:

  1. Seni Rupa Dwimatra (Two dimensional art)
  2. Seni Rupa Trimatra (Three dimensional art)
  3. Teknik dan material seni

Sub KK Seni Rupa Dwimatra dan Trimatra tersebut secara lebih khusus lagi tampak dalam pengelompokan idiom dan medium seni rupa yaitu: seni lukis (painting), seni grafis (printmaking), seni patung (sculpture), seni keramik (ceramic), seni gambar (drawing), fotografi yang sudah cukup establish. Sedangkan beberapa idiom dan medium yang saat ini mulai dikembangkan adalah seni video (video art), instalasi (installation), seni lingkungan (enviromental art), performance art.

Sedangkan sub KK Teknik dan material seni adalah keahlian spesifik yang berkaitan dengan kebutuhan akan pengembangan bahan dan peralatan bagi kepentingan aplikasi kesenimanan dan estetika terapan. Wilayah ini menjadi penting karena dalam artikulasi karya seni rupa kebutuhan akan teknik dan bahan sangatlah terkait erat. Misalnya dalam keramik terdapat teknik-teknik handbuilding, casting, dalam grafis terdapat teknik cetak dalam dan cetak tinggi, dalam patung terdapat teknik cor logam, pahat, dalam lukis terdapat teknik realis,impresionis, dan lain-lain. Sedangkan dalam konteks material, untuk menyebut beberapa, terdapat material porselen, bonechina dalam keramik, material kayu, logam dalam patung, material kertas, tinta dalam grafis dan akrilik, cat minyak dalam lukis. Lebih jauh lagi teknik dan material dalam seni rupa saat ini selalu mengalami perkembangan dan penajaman. Sub KK ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan akan riset yang terkait dengan kemungkinan-kemungkinan pengolahan teknik dan material dan mengantisipasi perkembangan teknik dan material dalam seni rupa.

Mengenai estetika terapan adalah wilayah yang lebih dekat dengan aspek pengabdian masyarakat. Keahlian-keahlian di bidang keramik, grafis, lukis, dan patung, selama ini telah diterapkan tidak hanya untuk karya individual sebagai seniman, melainkan juga menyentuh wilayah aplikatif yang terkait dengan aspek guna masyarakat. Misalnya beberapa kegiatan yang telah dilakukan adalah pembuatan elemen estetik, monumen, pengembangan kerajinan keramik, kaca patri, atau gambar untuk kreatifitas. KK Seni Rupa juga memiliki kemungkinan startegis dalam continuing education sebagai satu bentuk nyata pengabdian kepada masyarakat.

Pada dasarnya pengelompokan sub keahlian dalam KK Seni Rupa adalah upaya untuk mensinergiskan fungsi KK sebagai kelompok yang memiliki otoritas keilmuan dan keahlian dalam menjalankan peran penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain itu pertimbangan lain adalah aspek manageable agar mudah dalam proyeksi ke depan serta mengantisipasi kemungkinan lintas disiplin atau lintas KK.

Kelompok Keahlian Seni Rupa :

  1. A.Rikrik Kusmara, M.Sn.(Sekr)
  2. Prof.DR.Setiawan Sabana,MFA.
  3. Drs.Bambang Prasetyo Kartono
  4. Drs.Bambang Ernawan,M.Sn.
  5. Drs.Tisna Sanjaya,M.Sch.
  6. Drs.Asmudjo J.Irianto, M.Sn.
  7. Dra.RR.Innes Indreswari, MT.
  8. Oco Santoso, M.Sn.
  9. Muksin, M.Sn.
  10. Drs.Pius Priowibowo
  11. Dadang Sudradjat, M.Sn.
  12. Nurdian Ichsan, M.Sn.
  13. Dikdik Sayahdikumullah, M.Sn.
  14. Deden Hendan Durahman, S.Sn.Dipl.Art.

Website KK Seni Rupa